PERLUNYA BERINVESTASI DI PASAR MODAL

Sudah menjadi kenyataan bahwa kenaikan harga barang menjadi suatu keniscayaan dari tahun ke tahun. kenaikan harga barang secara umum disebut dengan Inflasi yang dinyatakan dalam persentase tertentu. secara historis, tingkat kenaikan inflasi ternyata masih lebih tinggi dibandingkan tingkat bunga bank. Artinya jika kita menyimpan kekayaan kita dalam bentuk deposito, kekayaan kita bukannya semakin meningkat namun nilainya turun karena bertumbuh lebih rendah dibandingkan tingkat inflasi.

investasi

Tags : Berinvestasi Di Pasar Modal

pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah pesat menjadi pemberitaan di berbagai media massa dalam beberapa tahun terakhir ini. salah satu bentuk pertumbuhan ekonomi yang kita rasakan secara langsung seperti penjualan mobil dan motor yang meningkat dari tahun ke tahun, mall dan pusat perbelanjaan yang bertebaran dimana-mana serta penggunaan gadget mutakhir oleh berbagai lapisan masyarakat. Tentu sangat disayangkan apabila kita hanya menjadi konsumen saja. Dengan berinvestasi, masyarakat secara tidak langsung menjadi bagian dari suatu perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut.
jadi, dua manfaat utama berinvestasi adalah sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan kekayaan dan sebagai alat untuk menikmati pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Manfaat Keberadaan Pasar Modal :


keberadaan pasar modal memberikan banyak manfaat, seperti:

  1. Menyediakan alternatif sumber pendanaan bagi dunia usaha. Dengan adanya pasar modal, perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia memiliki alternatif baru dalam mendapatkan sumber dana untuk kegiatan ekspansi selain dari pinjaman bank.
  2. Penyebaran kepemilikan perusahaan bagi masyarakat luas. Dengan adanya pasar modal, terbuka kesempatan bagi masyarakatluas untuk turut serta memiliki perusahaan tersebut dengan jumlah dana yang relatif kecil. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh perusahaan juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas yang memiliki saham perusahaan tersebut.
  3. Keterbukaan dan Profesionalisme perusahaan yang menciptakan iklim usaha yang sehat. Perusahaan yang sahamnya telah dimiliki masyarakat luas harus bersikap profesionaldan terbuka. Perusahaan juga harus mempertanggungjawabkan dana masyarakat dengan cara bersikap terbuka dan menunjukan kinerja yang baik sehingga akan tercipta iklim berusaha yang sehat.
  4. Memberikan wahana investasi bagi investor. Dengan adanya pasar modal, masyarakat yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan uang tersebut dengan harapan dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan menabung di bank.
  5. Menciptakan lapangan kerja/profesi dibidang pasar modal. Pasar modal mendorong industri tumbuh sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak. Disampingitu, pasar modal sendiri menyediakan beragam profesi yang menarik, seperti analisis, pialang (broker), akuntan publik, konsultan hukun, manajer investasi, dan profesi lainnya dipasar modal. 
Semoga Bermanfaat .... 


Comments

Popular Posts